Copyright © 2015 Nasrullah. Powered by Blogger.

Kuliah di Jepang (Ekspektasi)

Kalau di postingan sebelumnya saya membahas tentang Kuliah di STIS, maka kali ini membahas tentang Kuliah di Jepang. Eitss tapi kali ini berbeda dengan kemarin, kalo yang ini masih berupa ekspektasi / harapan / goal / tujuan / dream / mimpi / impian / cita-cita / (bisa ditambahin sendiri). Jadi lebih jelasnya saya memiliki mimpi untuk kuliah S2 di Jepang yang mungkin akan saya raih sekitar 8 atau 9 tahun kemudian dari sekarang (lama juga ya, karena saya kuliah kira-kira lulus 4 tahun lagi dan karena ikatan dinas jadi sesuai aturan harus kerja dulu minimal 4 tahun baru boleh lanjut S2).


  • Latar belakang


Pertama saya akan membahas latar belakang (kayak karya ilmiah aja) saya memiliki mimpi untuk ingin kuliah di Jepang. Keinginan saya ini bermula saat mendengarkan seminar tentang kuliah di Jepang yang diadakan di kampus saya sendiri oleh UKM Pendidikan bidang Nihongo bu. Di seminar tersebut dijelaskan oleh dosen yang pernah kuliah di Jepang sekaligus sharing tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah, kehidupan disana, tips memilih perguruan tinggi yang bagus dll. Dengan penjelasan yang bagus oleh para narasumber (kalau tidak salah ada 3 narasumber) membuat saya semakin tertarik untuk kuliah di Jepang. Karena ada kata "semakin tertarik" berarti ada latar belakang lagi sebelum seminar itu yang membuat saya tertarik dengan Jepang tetapi awalnya saya tidak berniat untuk kuliah melainkan jalan-jalan atau liburan. Keinginan itu ada semenjak saya suka anime (kira-kira sejak kelas 2 SMA) dan sampai sekarang masih suka (Hahaha ketahuan sangat suka anime). Tapi saat mulai suka anime itu bukan latar belakang untuk kuliah di sana melainkan  untuk liburan karena pengen liat bunga sakura, festival, Akihabara (Out of topic kayaknya wkwk). Ok kembali ke topik, jadi hubungan suka anime masih ada karena kalau kuliah di Jepang pasti bisa juga jalan-jalan kan disana malah lebih lama dari liburan. Bukan berarti kuliah di sana cuma untuk jalan-jalan harus serius juga menuntut ilmu.

  • Alasan
Ada beberapa alasan yang membuat saya ingin kuliah di Jepang :

- Tertarik dengan budaya di sana.

Alasan yang pertama saya yaitu ingin mengenal budaya Jepang. Tentu saja kalau kita tinggal dan kuliah disana pasti akan mengenal budaya di sana. Budaya di Jepang yang sangat saya ingin ketahui dan dipelajari yaitu budaya kerja, budaya menghargai waktu, budaya adab sehari-hari dll yang mungkin berbeda dengan budaya di Indonesia. Contohnya yang berbeda yaitu masalah budaya menghargai waktu. Di Jepang sangat anti dengan namanya terlambat walaupun itu cuma pertemuan gak formal (berdasarkan sepengetahuan saya di anime kalau realnya gak tahu) sedangkan di Indonesia terkenal sekali jam karetnya (bukan berarti menjelekan Indonesia tetapi itu realita). Jadi mungkin dengan saya kuliah disana saya bisa terpengaruh dengan budaya mereka (budaya yang dimaksud yaitu budaya yang positif dan tidak bertentangan dengan agama)

- Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki sistem pendidikan yang bagus.

Alasan selajutnya yaitu disana dari segi pendidikan juga bagus, bukan berarti saya mengatakan sistem pendidikan di Indonesia tidak bagus tetapi pasti ada di bidang tertentu yang Indonesia kalah dengan Jepang dalam hal pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa universitas di Jepang yang ternama di dunia, walaupun saya masih belum memikirkan untuk memilih universitas yang mana (yang mana kayaknya oke lah yang penting di Jepang).

- Mencari pengalaman lebih.

Sebenarnya ini hal pokok yang kita dapat selain ilmu saat kuliah di luar negeri yaitu pengalaman. Dengan kuliah di sana kita tahu budaya di sana (seperti yang dijelaskan sebelumnya), kehidupan di sana dll. yang mungkin memberikan pengalaman lebih dibandingkan menuntut ilmu di dalam negeri yang dari SD sampai sekarang sudah saya jalani. Sehingga saat pulang kembali ke Indonesia tidak hanya ilmu yang dibawa melainkan pengalaman.

  • Usaha saya
Usaha yang akan saya bahas yaitu usaha yang sedang dan akan saya lakukan. Usaha yang saya sedang lakukan yaitu belajar bahasa jepang walaupun sekarang secara otodidak dengan cara liat video belajar bahasa jepang di youtube, cari e-book, dan menonton anime. Jadi sekarang saya nonton anime bukan hanya untuk menonton tapi mempelajari bahasanya (jadi sekarang nonton anime lebih serius mendengarkan dari biasanya, bahkan kadang saya ulang di percakapan tertentu). Usaha itu saya lakukan karena syarat pertimbangan pihak di Jepang untuk bisa kuliah disana yaitu bisa bahasa jepang dengan tes tertentu. Jadi dengan bisa bahasa jepang peluang untuk diterima semakin besar selain nilai TOEFL dsb. Karena bisa bahasa jepang lebih diutamakan (menurut dari beberapa sumber dari internet yang saya baca).

Untuk usaha yang akan saya lakukan dalam waktu dekat yaitu belajar bahasa jepang oleh yang profesional yang syukurnya ada di kampus saya yaitu oleh UKM Nihongo bu dan mungkin semester depan saya bisa masuk UKM tersebut. Sedangkan usaha yang saya lakukan dalam waktu panjang yaitu mencari info beasiswa kuliah di Jepang (kalo ada yang tahu bisa kasih tahu saya :D ). Alasan mencari beasiswa karena sepertinya kalau bayar sendiri kemungkinan besar tidak mampu (saat ini aja bisa kuliah karena beasiswa).

Jadi itu tadi penjelasan mengenai mimpi saya yang mungkin juga kalian dan orang lain juga memiliki mimpi yang sama dengan saya. Walau saya tahu mimpi saya ini tidaklah mudah tetapi saya akan terus berusaha dan berdo'a selama sekitar 8 tahun ini mempersiapkannya.

Akhir kata, semoga mimpi dan tujuan kita dapat diraih dengan penuh kemudahan tanpa ada kendala yang berarti. Terima kasih. - N

Tulisan ini diikutsertakan dalam #WhatsYourGoalsGiveaway2016

18 Comments:

  1. semoga cita2 anda tercapai serta mimpi terwujud kuliah di jpg

    ReplyDelete
  2. Wah, impian saya juga :D
    Saya juga kalau nonton anime suka ngikutin ngomongnya, hehe. Daya tarik budaya Jepang memang kuat ya, budaya kerja keras dan tepat waktunya itu loh..
    Semoga benar-benar terwujud ya, impiannya untuk kuliah di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha saya juga yakin pasti banyak yg memiliki impian seperti saya.

      Amiiin, semoga impian kamu juga terwujud ya.

      Delete
  3. Waah keren ulasannya!
    semoga cita-citanya tercapai :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya.

      Ammiiin, semoga cita-cita kamu juga tercapai

      Delete
  4. Salah satu cara menarik belajar bahasa lain yaitu dengan sering mendengarkan percakapan sehari2 mereka, hitung2 nonton animenya buat belajar juga yaak...semoga cita-citanya tercapai ya, jangan lupa titip salam buat conan #eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makanya aku jadi tambah hobi nonton anime karena buat sekalian belajar.

      Delete
  5. ea... jepang... negeri tujuan yang ingin skali kupijaki hhee
    smoga trwujud juga impian tsb ya gan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, kamu juga semoga juga bisa kesana :)

      Delete
  6. Wah, sama saya juga pengen bisa kuliah di Jepang hehehe :D
    Semoga sukses ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin
      Semoga kamu juga bisa kuliah di sana hehehe:D

      Delete
  7. Selamat yaaa udah menang.
    Semoga goalsnya kesampaian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih nih ucapannya :)
      Ammiiin, semoga goalsnya kamu juga kesampaian. :D

      Delete
  8. Dosen statistik gue juga lulusan jepang rul. Hmm kira-kira ada hubungan apa ya statistik dengan jepang? hmm #IlluminatiConfirmed
    Btw nice goals sob, mudahan tercapai wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jepang emang tempat yg bagus untuk belajar statistik.

      Ammiin, semoga goals kamu juga tercapai sob. :D

      Delete
  9. Nice post, semoga tercapai, saya juga punya tujuan bisa kerja disana .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terima kasih. Semoga impianmu juga tercapai.

      Delete

Tulislah Beberapa Patah Komentar Kalian :)